You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Nagari Lunang
Nagari Lunang

Kec. Lunang, Kab. Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat

SELAMAT DATANG DI NAGARI LUNANG "NAGARI BATUAH"

Visi dan Misi

Administrator 24 Agustus 2016 Dibaca 163 Kali

VISI DAN MISI NAGARI LUNANG

 

 

  1. Visi dan Misi

Agar pelaksanaan kegiatan Penyelenggaran Pemerintahan Nagari terselenggara dengan baik dan terarah perlu dicapai dengan rencana strategis Nagari, yaitu telah ditempuh dengan penyusunan Dokumen Perencanan Nagari diantaranya Peraturan Nagari Nomor 06 Tahun 2017 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nagari (RPJMNagari) Tahun 2017 – 2023 dengan Penjabaran program dan kegiatan setiap tahunan  dalam wujud Kegiatan baik fisik maupun nonfisik yang dituangkan dalam Rencana Kerja Pembangunan Nagari (RKPNagari) yang ditetapkan dengan Peraturan Nagari.

Visi dan Misi Nagari Merupakan Implementasi dari Visi dan Misi Wali Nagari terpilih dengan beberapa penambahan kegiatan kegiatan yang disusun atau digali berdasarkan musyawarah Nagari secara partisipatif.

  1. Visi Nagari

Visi adalah suatu Gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dngan melihat potensi dan kebutuhan Nagari, penyusun Visi Nagari LUNANG ini dilakukan dengan pendekatan partispatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Nagari sejahtera seperti pemerintah Nagari, Bamus Nagari, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Lembaga Masyarakat Nagari dan masyarakat Nagari pada umumnya. Pertimbangan kondisi eksternal di Desa seperti satuan kerja wilayah pembangunan di Kecamatan, Maka berdasarkan pertimbangan di atas Visi Nagari LUNANG adalah :

Mewujudkan Masyarakat Nagari Lunang yang Lebih Sejahtera dan Mandiri dalam Menjalankan kehidupan yang Mempunyai Masa Depan yang Cerah,Imteq,Iptek, dan Tetap Memeliharakan Adat dan Budaya, Sumber Daya Alam yang Ada dengan Berbasis Pembangunan dan Pengembangan Komoditi Unggulan seperti : Sawit,Karet,Jagung,Padi dan Lain-Lain.

  1. Misi

Selain penyususnan Visi juga telah ditetapkan misi-misi yang memuat sesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh desa agar tercapainya Visi desa tersebut. Visi berada diatas misi. Pernyataan Visi kemudian dijabarkan ke dalam Misi agar dapat di operasionalkan / dikerjakan. Sebagai penyususnan Visi. Misi pun dalam penyususnannya menggunakan pendekatan partispatif dan pertimbangan potensi dan kebutuhan Nagari LUNANG sebagaimana Proses yang dilakukan maka misi Nagari LUNANG adalah :

  • Meningkatkan/Membangun Jalan-jalan Usaha Tani sehingga semua Petani tidak Kesulitan Membawa Hasil Taninya.
  • Membangun Masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing.
  • Membangun Perekonomian yang koko
  • Mewujudkan Lunang yang indah, nyaman, aman dan manusiawi.
  • Mengokohkan kehidupan social kemasyarakatan melalui peningkatan Peran Pemuda, Olahraga, seni dan budaya dalam bingkai kearifan lokal.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image