You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Nagari Lunang
Nagari Lunang

Kec. Lunang, Kab. Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat

SELAMAT DATANG DI NAGARI LUNANG "NAGARI BATUAH"

TRADISI ISRA' MI'RAJ DI NAGARI LUNANG

Administrator 19 Maret 2020 Dibaca 113 Kali

 

Setiap tanggal 27 Rajab penanggalan kalender hijriah,  umat Islam memperingati peristiwa Isra Mi’raj tak terkecuali Nagari Lunang. Isra Mi’raj, Disebutkan didalam Surat Al-Isra' ayat 1 dalam Alqur'an yakni Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
 
Pengajian di Setiap Musholla
Peringatan Isra' Mi’raj di Nagari Lunang diisi dengan kegiatan pengajian, seperti ceramah agama yang disampaikan oleh para Tuangku maupun ustadz lokal yang ada di Lunang, biasanya jadwal urutan Mushalla dari mulai awal sampai akhir tempat khatam (mti) diumumkan sebelum shalat Jum'at pada pertengahan bulan rajab di Masjid Raya Lunang.
Jadwal Isra' Mi'raj Tahun 2012

 

Peringatan Isra' Mi’raj dilakukan ba'da Isya diawali dengan pembacaan qalam illahi dilanjutkan dengan tausiyah, yang menarik para kaum ibu pada saat pergi ke Mushalla membawa berbagai makanan serta minuman. Dahulunya penganan yang dibawa merupakan penganan tradisional buatan sendiri seperti onde-onde (nondeh), nogosari (Lpek) dan lain sebagainya begitu juga minuman kopi dan teh, seiring perkembangan zaman penganan tersebut telah jarang kita temui, saat ini berubah berupa roti, kerupuk dan makanan ringan lainnya serta minuman kemasan (soft drink). Khusus saat mti hari terakhir atau penutup dilakukan doa bersama dilengkapi dengan singgang ayam sikunyit. Diberbagai tempat termasuk di Nagari tetangga Lunang Satu, Lunang Selatan malam puncak Isra' Mi'raj lazim diisi dengan kirab, arak-arakan, atau pawai  obor keliling umumnya dilakukan oleh para santri.
 

 

Koleksi Pribadi
Suasana Isra' Mi'raj Terkini
Isra' Mi'raj di mushalla kini kurang menarik minat kaum muda Muslim, khususnya generasi milenial, dulu selalu ramai saat berlangsung isra' mi'raj, dari Nek-nek, Mak-mak hingga Anak-anak mungkin kala itu kemajuan teknologi informasi belum semasif saat ini yang punya televisi hanya segelintir orang, androidpun belum ada. Kini Induk-induk lebih suka nonton sinetron/infotaiment didepan tv, ketika ditanya atau diajak tetangga jawabannya capek bekerja kesawah/ladang waktu siangnya sudah menjadi alasan pembenaran ketidakhadiran mereka. Kedepan menjadi tanggungjawab kita bersama (Termasuk Penulis cok dak pai, hehehe
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image